Selasa, 31 Oktober 2017

Penyebab Penyakit Kaki Gajah Yang Harus Di Ketahui



 Penyebab Penyakit Kaki Gajah Yang Harus Di Ketahui

 Penyebab Penyakit Kaki Gajah
Penderita Penyakit Kaki Gajah
Selamat datang di blog gamat kapsul,  untuk anda yang sedang  mencari infomasi mengenai  penyebab penyakit kaki gajah. Anda berada di tempat yang tepat karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai penyebab penyakit kaki gajah.

Kaki gajah merupakan istilah yang sudah tidak asing lagi, penyakit ini menggambarkan kondisi kaki yang menyerupai gajah. Kaki Gajah atau filariasis merupakan penyakit  yang menyerang sistem limfatik  dan menyebabkan  organ tubuh  penderitanya mengalami pembengkakan, umumnya terjadi pada kaki.

Seseorang yang terjangkiti penyakit ini memiliki kaki dengan ukuran  yang besar di luar kewajaran bisa salah satu atau keduanya. Hal ini terjadi akibat pembesaran kelenjar dan pembuluh darah getah bening sebagai akibat dari infeksi dan perkembangbiakan organisme penyebab di daerah yang bersangkutan.

WHO menerangkan bahwa penyakit kaki gajah merupakan penyakit tropis yang sering terabaikan. Infeksi biasanya di dapat  seseorang  pada masa kecil, dan menyebabkan kerusakan tersembunyi untuk sistem limfatik. Wujud dari penyakit ini sendiri terlihat menyakitkan  dan sangat mengubah bentuk Limfoendema, kaki gajah, dan pembengkakan  skotrum dapat terjadi  di kemudian hari dan menyebabkan cacat permanen. Sering kali  penderita juga menderita kerugian mental, sosial dan finansial.

Penyebab Kaki Gajah Dan Penularanya


Beradasarakan WHO, ada tiga jenis cacing filaria yang menyebabkan kaki gajah yaitu :
  • Brugia timori, yang menyebabkan kasus sebagian kecil.
  • Wuchereria bancrofti, yang bertanggung jawab atas 90% kasus.
  • Brugia malayi, yang menyebabkan kasus sebagian dari sisanya.

Filarasis dapat di tularakan oleh berbagai nyamuk, misalnya nyamuk Culex, Nyamuk Anopheles dan Nyamuk Aedes. Nyamuk dapat terinfeksi mikrofilaria ketika ia menelan darah manusia yang telah terinfeksi. Mikrofilaria dewasa berubah menjadi larva infekstif dalam nyamuk. 

Ketika nayamuk yang terinfeksi menggigit orang, larva masuk  ke dalam tubuh  manusia dan bermigrasi ke pembuluh limfatik dan kemudian menjadi cacing dewasa. Cacing dewasa mentap dalam sistem limfatik dan mengganggu sistem kekebalan tubuh. Cacing bisa hidup selama rata-rata 6-8 tahun dan selama hidupnya, mereka menghasilkan jutaan mikrofilaria (larva dewasa) yang beredar dalam darah.  

Cacing dewasa berada di dalam  pembuluh  getah bening dan menimbulkan  penyumbatan  pada aliran getah bening. Cacing dewasa paling sering menginfeksi  kelenjar getah bening di daerah lipatan paha.  Sumbatan  aliran getah bening  pada daerah  inilah yang menimbulkan pembesaran pada kaki hingga menyerupai kaki gajah.  

Seseorang yang memiliki  penyakit kaki gajah sebaiknya segera melakukan pengobatan kaki gajah agar tidak  menyebarkan  penyakit ini  ke pada masyarakat lainya. Dengan mengetahui penyebab kaki gajah  di harapkan anda dapat  menghindari faktor risikonya
Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan  mengenai penyebab penyakit kaki gajah, penjalasan  di atas semoga dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih telah berkunjung dan menyempatkan membaca artikel ini.

 Jangan Lupa Share Informasi Yang  Bermanfaat Ini :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyakit Beri Beri Dan Cara Mengatasinya

Penyakit Beri Beri Dan Cara Mengatasinya Beri-beri merupakan   penyakit yang di sebabkan   kekurangan vitamin b1 (tiamin). Meskip...